Langsung ke konten utama

FLOWCHART & UML

Pengertian Flowchart, Uml berserta simbol-simbol dan penjelasannya

1. Pengertian Flowchart

     Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Berikut simbol-simbol Flowchart berserta penjelasannya :



Contoh Flowchart Sederhana :

"Flowchart Menghitung luas segitiga"




2. Pengertian Uml

          Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram perangkat lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan sintaks UML mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan.

Berikut simbol-simbol Uml :

1. Use Case Diagram

Use Case Diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, bukan “bagaimana”. Sebuah Use Case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use Case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya log-in ke sistem, membuat sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Sebuah aktor adalah sebuah entitas menusia atau mesin yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
Use Case Diagram sangat membantu untuk menyusun kebutuhan sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua fitur yang ada pada sistem. Berikut simbol yang digunakan dalam Use Case Diagram :



2. Activity Diagram

Activity Diagram menggambarkan berbagai aliran aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, keputusan yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity Diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.

Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu Use Case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara Use Case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas. Berikut simbol Activity Diagram :



3. Sequence Diagram

Sequence Diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa pesan yang digambarkan terhadap waktu. Sequence Diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence Diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang memicu aktivitas tersebut, proses, dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Berikut simbol Sequence Diagram :




4. Class Diagram

Class diagram adalah sebuah class yang menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. Berikut simbol Class Diagram :



5. State Diagram

State diagram yaitu salah satu jenis diagram pada Uml yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.

Contoh Uml:


1. Use Case Diagram


2. Activity Diagram
3. Sequence Diagram

4. Class Diagram


5. State Diagram

Sekian penjelasan tentang flowchart dan uml yang saya buat terimakasih semoga bermanfaat


Komentar